Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas sistem, prosedur dan regulasi terkait pengadaan publik, termasuk melalui pelibatan swasta dengan mekanisme kemitraan. Ada dua komponen di dalamnya, yaitu:

  1. Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)
    Asistensi dalam pengembangan model dokumen pengadaan berbasis percontohan untuk berbagai sektor. MCA-Indonesia akan mendukung:
    1. Penyiapan panduan dan standar dokumen lelang kompetitif untuk proyek kemitraan pemerintah dan swasta, dan pengembangan alat praktis untuk perencanaan pengadaan dan persiapan proyek.
    2. Program percontohan untuk mendemonstrasikan dan memfinalisasi Proyek Modernisasi Pengadaan dalam konteks melelang proyek infrastruktur Kemitraan Pemerintah dan Swasta di setidaknya satu kementerian dan sejumlah lembaga sub-nasional.
    3. Pelaksanaan perubahan yang direkomendasikan sesuai kebutuhan pada sistem e-procurement dan sistem manajemen proyek Kemitraan Pemerintah dan Swasta.
  2. Pengadaan Publik Berkelanjutan
    MCA-Indonesia menyusun kajian tentang pengadaan yang memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Sebab, Pemerintah Indonesia sebagai konsumen seharusnya memiliki prosedur pengadaan yang berkelanjutan. Dampaknya akan signifikan, karena pemerintah adalah konsumen terbesar di Indonesia dan mengontrol porsi belanja negara yang besar. Terlebih, kebijakan pengadaan pemerintah adalah pemicu perubahan utama dalam masyarakat. MCA-Indonesia mendukung pengembangan proses dan prosedur sejalan dengan komitmen pemerintah untuk pengadaan lestari seperti yang tercantum dalam Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2010.