Proyek Modernisasi Pengadaan dibagi menjadi dua fase. Fase pertama, tahun pertama hingga ketiga program Compact, memberikan dukungan kepada 29 Unit Layanan Pengadaan (ULP) dengan melakukan pelatihan bagi para pegawainya. Fase kedua, berlangsung sampai akhir program Compact, menjangkau pula 15 ULP lainnya.

Dua kegiatan dalam proyek ini adalah:

  1. Kegiatan Profesionalisasi Pengadaan

    Berikut sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dengan melibatkan ULP Percontohan:

    • Pelatihan berdasarkan kompetensi dan sertifikasi bagi pengelola pengadaan.
    • Pendampingan praktik kerja, yang dilakukan untuk memastikan keberhasilan peserta pelatihan saat menerapkan kompetensinya dalam kegiatan pengadaan di institusi masing-masing.
    • Dukungan Sistem Manajemen Informasi Pengadaan, yang akan digunakan ULP agar ada informasi lengkap dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis pengadaan. Sistem ini  membantu pengelola pengadaan mewujudkan efektivitas dan efisiensi proses pengadaan, serta menjamin kompetisi yang sehat dan terbuka.
  2. Kegiatan Prosedural dan Kebijakan

    Kegiatan ini mendukung pengembangan kebijakan dan prosedur pengadaan untuk meningkatkan hasil pengadaan, kesuksesan Kemitraan Publik Swasta, dan keberlanjutan lingkungan. Program kerja untuk Pengadaan yang Berkelanjutan tersebut  antara lain adalah:

    • Kajian riset pasar,
    • Analisis kebijakan belanja pemerintah, dan
    • Penyusunan rencana aksi nasional penerapan Pengadaan yang Berkelanjutan.