Kegiatan Sisi Permintaan adalah upaya menyalurkan hibah untuk masyarakat dan bantuan teknis partisipatif ke masyarakat. Tujuannya untuk menumbuhkan permintaan masyarakat secara berkelanjutan terhadap layanan kesehatan dan gizi. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini menyediakan fasilitator masyarakat, perencanaan partisipatif, dan hibah untuk masyarakat.

Peran pendampingan bertujuan menguatkan dan meningkatkan kapasitas masyarakat dan aparat pemerintah dalam mengelola pembangunan secara mandiri di wilayahnya. Fasilitator dapat bersinergi dan bergerak bersama-sama dengan instansi terkait, yakni Dinas Pendidikan dan Kesehatan, dalam memfasilitasi proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan agar bisa mencapai hasil yang bermutu baik.

Dalam kegiatan ini, hibah diwujudkan melalui Bantuan Langsung Masyarakat bagi kecamatan lokasi proyek. Dana yang dialokasikan ke desa-desa untuk membiayai kegiatan hasil perencanaan partisipatif tersebut adalah stimulan bagi masyarakat agar tujuan proyek tercapai.

Untuk kegiatan ini, PKGBM bekerja sama dengan program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.