SIARAN PERS

BRG Gandeng MCA-Indonesia untuk Restorasi Gambut

BRG GANDENG MCA-INDONESIA UNTUK RESTORASI GAMBUT

Ditayangkan : 6 Maret 2017

(Jakarta) 6 Maret 2017 – Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Millennium Challenge Account – Indonesia (MCA-Indonesia) hari ini menandatangani perjanjian kerja sama. BRG dibentuk Pemerintah Indonesia untuk menangani gambut, yang merupakan prioritas nasional sekaligus isu penting di tingkat global. Sedangkan MCA-Indonesia sebagai pelaksana Hibah Compact dari Millennium Challenge Corporation juga melaksanakan penanganan terpadu konservasi gambut yang turut mendukung fungsi BRG. Kerja sama dengan nilai hingga Rp 53,4 miliar (US$ 4 juta) dari MCA-Indonesia ini bertujuan untuk mendukung pencapaian target BRG.

"Kerja sama ini bertujuan mendukung penguatan institusi kelembagaan Tim Restorasi Gambut di daerah, serta mendukung kegiatan konstruksi perbaikan lahan gambut," ujar Kepala BRG, Nazir Foead.

BRG akan mendapatkan manfaat dari asistensi MCA-Indonesia untuk sejumlah kegiatan. Antara lain, peningkatan kapasitas Tim Restorasi Gambut di pusat dan daerah, portal pengetahuan tentang lahan gambut, dukungan bagi penelitian terkait restorasi dan manajemen gambut, serta pengembangan sistem pemantauan posisi air dan tumbuhan dengan dukungan piranti keras (hardware) dan lunak (software). BRG juga akan memanfaatkan peta lahan gambut berisi informasi biofisik, sosial, hukum, dan administratif di Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur (Jambi), serta Kubu Raya (Kalimantan Barat) yang disusun MCA-Indonesia.

Selain itu, BRG akan terlibat dalam dukungan teknis untuk sekat kanal lahan gambut di Pulang Pisau (Kalimantan Tengah), Ogan Komering Ilir (Sumatera Selatan), dan Kubu Raya (Kalimantan Barat), serta pembelajaran dan praktik cerdas dari pelaksanaan program Desa Peduli Gambut dan model penanganan terpadu konservasi gambut Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia yang melibatkan masyarakat.

“BRG merupakan lembaga pemerintah yang memiliki mandat untuk merestorasi gambut, sedangkan MCA-Indonesia juga melaksanakan proyek terkait gambut. Bantuan teknis ini diharapkan dapat memberikan model pengelolaan lahan gambut yang terintegrasi sehingga dapat mendukung rencana kerja BRG,” ujar Direktur Eksekutif MCA-Indonesia, Bonaria Siahaan.

Sebagai informasi, sejumlah penerima hibah MCA-Indonesia sedang mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan Hijau, yang mengumpulkan pembelajaran tentang strategi pembangunan rendah karbon, termasuk dari pelaksanaan Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia. BRG nantinya akan mendukung Portal Lahan Gambut yang ada dalam Sistem Informasi tersebut.

Unduh siaran pers ini di sini: Siaran Pers (180 Kb)

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
BRG:
Nina Nuraisyiah, Communications Specialist, nina.nuraisyiah@gmail.com, 081250886262
MCA-Indonesia:
Mia Fitri, Communications and Outreach Director, mia.fitri@mca-indonesia.go.id, 08128224393