KABAR KAMI

Delegasi Kedutaan Amerika Serikat Pantau Pelaksanaan Compact di Mamuju

DELEGASI KEDUTAAN AMERIKA SERIKAT PANTAU PELAKSANAAN COMPACT DI MAMUJU

Ditayangkan : 22 Februari 2017

Mamuju – Delegasi Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) berkunjung ke Mamuju, Sulawesi Barat, pada 13-16 Februari 2017. Kunjungan yang dipimpin oleh Wakil Duta Besar AS Brian McFeeters itu bertujuan memantau langsung pelaksanaan program Hibah Compact yang dikelola oleh MCA-Indonesia dan didanai oleh Millennium Challenge Corporation (MCC).

“Saya telah membaca banyak hal tentang program MCC, namun ini kesempatan baik untuk melihat langsung semangat masyarakat di lapangan,” ujar McFeeters di sela rangkaian acara.

Lawatan empat hari itu diawali pertemuan delegasi dengan Bupati Mamuju, Habsi Wahid, dan Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari. Mereka membahas perkembangan proyek-proyek MCA-Indonesia di Mamuju. Bupati Mamuju dengan antusias menyampaikan perkembangan terakhir proyek Kemakmuran Hijau, Modernisasi Pengadaan serta Kesehatan dan Nutrisi yang didanai oleh Amerika Serikat dan berharap kerja sama dapat terus terjalin.

Setelah bertemu dengan Bupati, delegasi pun sempat mengunjungi Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Mamuju, salah satu percontohan Proyek Modernisasi Pengadaan. Proyek ini bertujuan menghemat biaya, mencapai efisiensi dalam pengadaan, serta memastikan kualitas pengadaan seusai dengan kepentingan publik dan sesuai waktu yang direncanakan.

Dalam kunjungan ini, tim McFeeters juga berkesempatan mengunjungi Posyandu Eboni yang merupakan salah satu lokasi Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stunting (PKGBM) di Mamuju.

“Saya lihat para ibu sangat senang anaknya  mendapat awal yang baik. Di Posyandu, mereka mendapatkan saran mengenai makanan, cara pengasuhan anak, serta imunisasi agar anak dapat tumbuh sehat dan kuat. Yang kami lihat di sini sangat inspiratif,” ujar Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Heather Variava.

Pada hari terakhir di Mamuju, delegasi melawat ke kebun kakao Konsorsium Swisscontact, salah satu penerima Hibah Kakao Lestari yang disalurkan MCA-Indonesia. Mereka juga bertemu dan berdiskusi dengan  para petani kakao dan siswa SMK Pertanian Kakao yang belajar mengenai cara bertani kakao yang pintar dan ramah lingkungan.

Rangkaian kunjungan ditutup dengan kunjungan ke Pulau Karampuang, lokasi proyek PT Sky Energy Indonesia, salah satu penerima Hibah Energi Terbarukan untuk Komunitas. Sky Energy akan membangun pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 598 kWp di pulau ini, yang akan menyalurkan listrik untuk 3.317 orang dalam 784 rumah tangga. Saat ini, mereka hanya mendapat listrik pada malam hari dari generator diesel berkapasitas 150 kW. (Bunga Manggiasih/MCA-Indonesia)

Foto dari Swisscontact Indonesia