KABAR KAMI

Peluncuran Forum Modernisasi Pengadaan dan ‘Procurement Champion’

PELUNCURAN FORUM MODERNISASI PENGADAAN DAN ‘PROCUREMENT CHAMPION’

Ditayangkan : 29 Desember 2017

Jakarta – Proyek Modernisasi Pengadaan MCA-Indonesia telah meluncurkan Forum Modernisasi Pengadaan dan melantik para ‘Procurement Champion’ yang mewakili 44 Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) dari berbagai wilayah di Indonesia. Untuk pertama kalinya di Indonesia, Forum Modernisasi Pengadaan dapat diakses daring (online) sebagai platform yang menghubungkan ratusan praktisi pengadaan untuk berdiskusi dan bertukar pengetahuan seputar pengadaan barang/jasa. Lebih dari 100 Procurement Champions dari instansi pemerintah pusat dan daerah serta universitas menghadiri acara peluncuran yang diadakan pada tanggal 19 Desember 2017.

“Sumber daya manusia yang terampil adalah faktor terpenting untuk mencapai tujuan modernisasi pengadaan di Indonesia dan memastikan keberlanjutan kegiatan yang sudah dirintis. Hari ini, kita menyaksikan buah dari kerja keras kita bersama dalam meningkatkan kapasitas, kepercayaan diri, serta memperluas jejaring Procurement Champions di Indonesia. Kami berharap semangat reformasi pengadaan akan terus disebarkan di daerah masing-masing,” ujar Firman Dharmawan, Direktur Proyek Modernisasi Pengadaan MCA-Indonesia.

Bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), MCA-Indonesia telah melatih lebih dari 500 personel yang bekerja di bidang pengadaan serta bidang lain yang relevan, seperti auditor dan manajer proyek. Rangkaian pelatihan yang diberikan mencakup keterampilan teknis pengadaan, kemampuan manajerial, serta pengembangan institusi. Procurement Champions adalah personel pengadaan terlatih yang telah menguasai semua aspek pengadaan yang modern. Karakteristik para Procurement Champions antara lain bekerja penuh waktu, profesional, kompeten, mandiri, serta berorientasi pada pencapaian kinerja untuk mendukung pencapaian tujuan organsiasi.

Sebagai tindak lanjut peluncuran Forum Modernisasi Pengadaan, akan diadakan rangkaian lokakarya implementasi untuk memastikan 23 orang administrator forum serta para Champions memiliki bekal teknis yang memadai untuk mengelola klinik pengadaan secara online.

Direktur Pelatihan Kompetensi LKPP, Suharti, mengapresiasi para Champions sebagai pionir sekaligus katalis yang akan membantu LKPP mempercepat reformasi pengadaan di Indonesia. Lebih lanjut, ia berharap Forum Modernisasi Pengadaan dapat memfasilitasi penyebaran pengetahuan seputar pengadaan ke UKPBJ lain yang belum menjadi bagian dari Proyek Modernisasi Pengadaan MCA-Indonesia.

Inovasi di Daerah

Para Procurement Champions telah menerapkan berbagai inisiatif untuk menjaga keberlanjutan modernisasi pengadaan di daerah.

Ferdi Firmansyah, Pejabat Fungsional Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan merintis “Klinik Pengadaan Kafe ke Kafe” tanpa membebani anggaran daerah. Klinik ini diadakan dua kali setiap bulan, diikuti oleh praktisi pengadaan dan staf instansi pemerintah yang berminat.

“Tidak perlu biaya besar untuk menyebarkan pengetahuan seputar pengadaan. Melalui klinik di kafe, para peserta dapat mendiskusikan isu pengadaan dalam suasana informal. Mereka pun datang atas kesadaran sendiri ingin menambah ilmu pengadaan, sehingga tidak keberatan membayar sendiri biaya makan minum,” ujar Ferdi yang selalu mempromosikan kegiatan ini melalui grup Facebook Forum Pengadaan Kalimantan Selatan.

Matias Benoni Mano, Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Jayapura, Papua berfokus pada regenerasi SDM pengadaan di wilayahnya. Rencana terdekatnya adalah merekrut lebih banyak staf penuh waktu sambil mempersiapkan program mentoring bagi 29 ULP di Provinsi Papua dan 15 ULP di Provinsi Papua Barat. “Mengingat wilayah Papua ini sangat luas, kami sangat menantikan Forum Modernisasi Pengadaan online, agar dapat menjangkau banyak ULP, juga memfasilitasi konsultasi dan diskusi jarak jauh seputar pengadaan,” ujar Matias.

Forum Modernisasi Pengadaan ditujukan khususnya bagi pengelola pengadaan. Publik dapat mengaksesnya untuk menambah pengetahuan seputar pengadaan di  http://modernisasipengadaan.id/. (Intan Febriani/MCA-Indonesia)