Kebijakan dan tata cara Mekanisme Pengaduan (Grievance Mechanism, GM) disusun oleh MCA-Indonesia untuk mengurangi risiko dampak negatif dan keluhan. Kebijakan ini bertujuan membantu para pihak dalam menyelesaikan keluhan yang mungkin timbul dari program dan kegiatan MCA-Indonesia. Prinsip-prinsip dalam kebijakan GM di MCA-Indonesia adalah: rahasia, proporsional, transparan dan partisipatif, akuntabel, tepat secara budaya, mudah, cepat dan akurat, serta tercatat.

Keluhan yang akan diproses dengan GM ini hanyalah yang berkaitan dengan MCA-Indonesia sebagai lembaga dan kegiatan yang berhubungan langsung dengan pengelolaan program Proyek Kemakmuran Hijau, Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stanting, dan Proyek Modernisasi Pengadaan. Keluhan terkait kegiatan Proyek Kemakmuran Hijau seperti Perencanaan Penggunaan Lahan Partisipatif, Bantuan Teknis dan Persiapan Proyek, Fasilitas Kemakmuran Hijau (proses seleksi, hibah TAPP dan hibah penuh), serta Pengetahuan Hijau (GK), harus didaftarkan melalui saluran masing-masing, misalnya, melalui Grant Administration Support Team (GAST), Pengelola Program Hibah (Grant Program Managers, GPMs), atau langsung ke pelaksana hibah atau kontraktor. Keluhan atau sanggahan terkait proses pengadaan MCA-Indonesia harus ditujukan kepada Agen Pengadaan (Procurement Agent).

Keluhan dapat diajukan oleh siapapun kepada Unit Pendaftaran Pengaduan (Grievance Registry Unit, GRU). Keluhan dan informasi keluhan dapat disampaikan secara resmi dan terdaftar melalui email, dan dalam waktu dekat melalui pendaftaran berbasis situs web, untuk memastikan kerahasiaan keluhan tersebut. Saluran lain seperti surat, pesan teks/SMS, atau keluhan lisan/melalui telepon dapat ditolak sebagai keluhan resmi atau diminta untuk disalurkan melalui email. Dalam mendaftarkan keluhan, pengadu harus mengisi dan melampirkan formulir pengaduan sebagai bagian dari proses pendaftaran. Keluhan terdaftar yang layak ditindaklanjuti akan dimasukkan ke Komite Mekanisme Pengaduan (Grievance Mechanism Committee, GMC) yang akan meninjau keluhan dan merekomendasikan prosedur tindak lanjut melalui Rencana Penyelesaian Keluhan (Grievance Resolution Plan).

Semua keluhan harus ditujukan ke alamat email berikut: pengaduan@mca-indonesia.go.id

Silakan unduh formulir pengaduan berikut ini: Formulir Pengaduan