/assets/uploads/media/img/vision&mission.jpg
TUJUAN & SASARAN

Program Compact bertujuan mendukung upaya pengentasan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi. Tujuan ini akan dicapai melalui implementasi tiga proyek yang menjadi fokus utama program, yaitu:

  1. Proyek Kemakmuran Hijau
    • Meningkatkan produktivitas dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dengan memperluas penggunaan energi terbarukan.
    • Mengurangi emisi gas rumah kaca berbasis pengelolaan lahan, dengan memperbaiki praktik penggunaan lahan dan pengelolaan sumber daya alam.
  1. Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stanting (PKGBM)
    • Mengurangi dan mencegah anak lahir dengan berat badan rendah, anak pendek, dan kekurangan gizi pada anak-anak.
    • Meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui pengurangan pengeluaran, peningkatan produktivitas, dan pendapatan yang lebih tinggi.
  1. Proyek Modernisasi Pengadaan
    • Meningkatkan efisiensi dan penghematan pengadaan barang dan jasa pemerintah, menjamin tersedianya barang/jasa secara tepat waktu, serta menyediakan pelayanan publik sesuai dengan yang direncanakan.
    • Melalui efisiensi dan penghematan, akan diperoleh barang dan jasa dalam jumlah lebih banyak dan berkualitas, sehingga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

Melalui ketiga proyek ini, diharapkan pendapatan rumah tangga makin tinggi akibat peningkatan produktivitas, pengurangan biaya energi, serta perbaikan pelayanan publik di sektor pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, program Compact juga menyelenggarakan kegiatan lintas proyek. Salah satunya melalui integrasi gender sebagai upaya untuk mengatasi ketidaksetaraan pada pengembangan kebijakan, kelembagaan dan kapasitas, yang menghambat partisipasi penuh perempuan dan laki-laki dalam proyek dan pemanfaatan kegiatan Compact. MCA-Indonesia juga menerapkan kerangka kerja lingkungan dan akuntabilitas sosial yang mengacu pada peraturan Indonesia serta berbagai studi kasus internasional. MCA-Indonesia pun melakukan pemantauan dan evaluasi sebagai komponen kunci dalam seluruh kegiatannya.